Jangan Torehkan Catatan Sejarah Buruk pada Pilkada Kota Medan

PPK Kota Medan

topmetro.news – PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Kota Medan yang baru dilantik diharapkan jangan sampai menorehkan catatan sejarah buruk pada Pilkada Kota Medan tahun 2020. Tetapi torehkanlah yang baik.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Medan Agussyah Ramadani Damanik dalam kata sambutannya saat pelantikan di Hotel Inna Dharma Deli Medan, Sabtu (29/2/2020).

“Karena tugas yang diemban oleh PPK sebagai bahagian dari penyelenggara pemilu adalah tugas mulia, karena mengerjakan pekerjaan untuk kepentingan umum. Meskipun masih dalam skop lingkungan maupun tingkatan kecamatan. Namun sukses tidaknya penyelenggaran Pilkada Kota Medan ada di tangan PPK,” katanya.

Konsekwensi Petugas PPK

Oleh karenanya, sambung Agussyah, sebagai PPK hendaknya bekerja dengan sepenuh hati. Serta harus paham betul tentang apa-apa saja yang menjadi tugas-tugasnya maupun konsekwensi sebagai petugas PPK.

“Disinilah kesempatan untuk bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa, ketika mengemban tugas yang mulia tersebut. Hal yang terpenting dimana sumpah dan janji yang diucapkan bukanlah hanya sekedar janji. Tetapi harus dilaksanakan. Mengingat sumpah-janji yang telah diucapkan oleh PP di hadapan publik, mengikat sesuai aturan dan perundang-undangan maupun kode etik sebagai anggota PPK,” katanya.

Sebagai penyelenggara pemilu tentu merupakan sesuatu yang sangat istimewa. Karena dengan mengambil tanggung jawab sebagai PPK, berarti siap melepaskan sebahagian dari kebebasan yang dimiliki sebagai warga negara, dibanding warga umum lainnya .

“Kita harus patuh kepada kode etik baik itu melalui sikap dan perbuatan. Hindari perbuatan yang melanggar hukum. Karena yang rugi bukan diri sendiri akan tetapi lembaga juga ikut tercoreng atas perbuatan kita,” kata Agussyah.

Tugas yang diemban, lanjutnya, merupakan salah satu tugas negara yang wajib didijunjung, sebagaimana sumpah janji. “Untuk itu, hindari iming-iming dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Sekali lagi berikan yang terbaik dalam bertugas agar semua senang,” ujarnya.

Proses Seleksi Terbaik

Dia juga menyebutkan, bahwa proses seleksi rekrutmen PPK Pilkada Medan 2020 merupakan yang terbaik. Dijelaskannya, proses seleksi PPK untuk Pilkada Medan 2020 cukup berat. Mulai dari seleksi administrasi, seleksi tertulis melalui CAT, dan wawancara. Bahkan masyarakat diberikan kesempatan sampai dua kali untuk dimintai tanggapan tentang calon PPK.

“Keterlibatan masyarakat juga ada. Jadi prosesnya transparan tidak ditutup-tutupi. Pokoknya semuanya terbuka,” tegas Agussyah.

Menurut Ketua KPU dimana proses seleksi PPK yang dilaksanakan tahun ini, sudah sangat maksimal serta sangat transparan. Hasilnya, para petugas PPK yang baru dilantik merupakan PPK terbaik

Dari 105 PPK Kota Medan yang dilantik, 70 persen di antaranya wajah baru. Selanjutnya mereka akan mendapatkan bimbingan teknis terkait tugas-tugas pokoknya sebagai penyelenggara pemilu.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment